PULAUBAWEAN.com

Informasi Seputar Pulau Bawean

Budaya Nyalam-nyalam di Bawean

Budaya Nyalam-nyalam di Bawean

Tradisi nyalam-nyalam atau istilahnya berkunjung dari rumah ke rumah pada hari raya idul fitri untuk mengucapkan selamat hari raya dan saling bermaaf-maafan setiap tahunnya di Pulau Bawean masih tetap terjaga kelestariannya.

Setiap dusun mempunyai aturan yang berbeda dalam pelaksanaannya, misalnya di dusun Tanjung ori biasanya secara bergantian baik yang laki-laki maupun perempuan karena warganya terbagi menjadi dua blok, yakni Blok Barat dan Blok timur. Pada malam awal hari raya dimulai warga blok timur yang berkunjung ke rumah-rumah warga di blok barat, kemudian dilanjutkan besok malamnya warga blok barat yang berkunjung ke rumah-rumah warga di blok timur.

Lain halnya dengan warga dusun Tambak Timur. Satu hari sebelum hari raya biasanya acara amin-amin atau tukar-menukar (barter) makanan dan minuman dan ada juga yang berupa barang antar tetangga dekat misalnya minuman botol, minyak dalam kemasan, ketupat atau juga gula. Pada hari raya pertama hanya saling berkunjung ke rumah tetangga dekat saja, kemudian dilanjutkan besok paginya para warga berkeliling dusun dari rumah ke rumah untuk bersalam-salaman atau bermaaf-maafan dan hanya warga laki-laki saja yang ikut bersilaturahim.

Bagaimana budaya Nyalam-nyalam di dusun Anda? Tentu berbeda dengan dusun yang lainnya.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.

Selamat datang di PULAUBAWEAN.com | Informasi Seputar Pulau Bawean | Website ini masih dalam perbaikan... Untuk Informasi silahkan kontak: admin[at]pulaubawean[dot]com