Tentang Bawean

559 views

Pulau Bawean berada kurang lebih 80 mil atau 120 kilometer disebelah utara Kabupaten Gresik (Jawa Timur).Sebelum 1974 Pulau Bawean termasuk dalam wilayah Kota Surabaya namun sejak tahun 1974, Pulau Bawean dimasukkan dalam wilayah Kabupaten Gresik karena memang letaknya lebih dekat dengan Kabupaten Gresik.

Untuk mencapai Pulau Bawean di butuhkan waktu 3-6 jam dengan menggunakan kapal laut, Bawean merupakan pulau kecil yanhg dikelilingi oleh pulau-pulau lain yang lebih kecil seperti Pulau Gili barat, Pulau Gili timur, Pulau Noko, Pulau Selayar, Pulau Nusa.

Di Pulau Bawean terdapat dua Kecamatan, 30 desa dan sekitar 143 dusun (kampung). Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Sangkapura yang terdiri dari 17 desa yaitu Desa Sawahmulya, Kota Kusuma, Sungaiteluk, Patarselamat, Gunungteguh, Sungairujing, Baliktetus, Daun, Kebunteluk Dalam, Sidogedung Batu, Lebak, Pudakittimur, Pudakitbarat, Komalasa, Suwari dan Deka-Tagung.

Sedangkan Kecamatan tambak meliputi Desa Tambak, Telukjati, Dedawang(dhedhebeng), Gelam, Sokaoneng, Sukalila, Kalompang ghubuk, Pakalongan, Tanjunguri, Grejek, Paromaan, Diponggo, Kepuhteluk dan Kepuhlegundi.

Komentar ditutup.