PULAUBAWEAN.com

Informasi Seputar Pulau Bawean

Cerita dari Pangkalan

Cerita dari Pangkalan

Ingin tahu asal-usul nama Dusun Bangkalan?
Di pulau Bawean ada dua dusun yang bernama “Bangkalan”. Di desa Dekat Agung dan di desa Sawahmulya Sangkapura. Yang akan diceritakan kali ini adalah “Bangkalan” yang kedua.

Dulu, di sebelah timur Dusun Sawahlaut, Desa Sawahmulya, masih berupa semak belukar dan tak satupun rumah yang berdiri disana. Daerah itu masih merupakan kawasan dusun Sawahlaut. Di sebelah timur daerah itu terdapat sebuah sungai yang merupakan muara dari dua sungai yang airnya berasal dari Gunung Kolor dan Gunung Porot. Muara sungai selebar 6-7 meter itu merupakan pembatas antara desa Sawahmulya dan desa Sungairujing. Pada masa lampau, sungai itu banyak dikunjungi perahu yang berasal dari Jawa, Bugis, Sumbawa, Batak, Ambon, Makasar dan sebagainya. Perahu-perahu itu tujuannya untuk berdagang. Barang-barang yang diperdagangkan antara lain beras,kopi,teh,cengkeh,gula dan lain-lain.

Oleh karena banyaknya pedagang pendatang, dan biasanya mereka berbulan-bulan berada disana, maka daerah yang dulunya semak belukar itu disulap menjadi perkampungan yang layak. Penghuninya setiap hari bertambah banyak yang tak lain mereka adalah pedagang pendatang itu. Dengan adanya sebuah kampung di sebelah barat sungai itu, semakin ramailah sungai itu dikunjungi perahu pedagang untung berpangkal. Maka sungai itu pun disebut dengan nama Sungai Pangkalan, sungai untuk ber- “Pangkalan”-nya perahu pedagang.

Akhirnya, karena penghuninya semakin banyak dan benar-benar telah menjadi sebuah kampung yang “merdeka”, juga sudah memisahkan diri dari dusun Sawahlaut, maka kampung anyar tersebut diberi nama “Kampung Pangkalan” yang diambilkan dari nama sungainya.

Setelah sekian tahun dan karena perkembangan zaman, maka nama itu dilazimkan menjadi “Bangkalan” yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kabupaten Bangkalan di Madura.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.

Selamat datang di PULAUBAWEAN.com | Informasi Seputar Pulau Bawean | Website ini masih dalam perbaikan... Untuk Informasi silahkan kontak: admin[at]pulaubawean[dot]com